YAQOWIYU Sebar apem Di JATINOM KLATEN

Posted By abt Mig33 on Jumat, 18 November 2016 | 09.35


YAQOWIYU yg sering di sebut oleh warga Jatinom KLATEN lebih sering disebut acara sebar apem. Apa seh sebar apem.. suatu ritual apem yg di berkati diberi doa.. disusun seperti gunungan.. diarak sebelum diberi kan doa.. yg nanti nya akan disebar biasa pada hari jumat. Bersamaan dengan postingan hari ini di adakan sebaran apem tersebut.




 Ya biasa setelah sholat jumat sebaran apem ini di mulai.. sudah banyak orang yg ingin ikut serta berbondong2 demi mendapatkan apem dan hanya ingin menyaksikan kemeriahan aja juga ada..

Ini merupakan tradisi unik yang ada di Klaten ? Ya memang benar.. lantas apa itu apem.. Apem yaitu makanan yang dibuat dari tepung beras dicampur dengan tape yang ditambah santan kelapa dan gula. Apem berasal dari saduran bahasa arab “affan” yang bermakna ampunan. Tujuannya adalah agar masyarakat juga terdorong selalu memohon ampunan kepada Sang Pencipta. Begitulah arti apem yang merupakan makanan khas yang digunakan dalam tradisi kirab budaya Yaqowiyu setiap bulan Sapar (Hijrah) di Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Kalian tau kan apa itu bulan sapar? bulan sapar adalah nama dari salah satu nama bulan pada tanggalan jawa.

Tradisi ini konon bermula dari cerita tentang kue ini dibawa Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya kembali dari perjalanannya dari tanah suci. Ia membawa oleh-oleh 3 buah makanan dari sana. Namun karena terlalu sedikit, kue apem ini dibuat ulang oleh istrinya. Setelah jadi, kue-kue ini kemudian disebarkan kepada penduduk setempat. Pada penduduk yang berebutan mendapatkannya Ki Ageng Gribig meneriakkan kata “yaqowiyu” yang artinya “Tuhan berilah kekuatan.” Untuk melestarikan ajarannya maka budaya sebar apem mulai menjadi tradisi masyarakat sekitar.
untuk info lebih lanjut pernah di bahas di website www.klaten.tk (abt)
Blog, Updated at: 09.35

0 komentar:

Posting Komentar